Minggu, 26 Februari 2017

13 Jenis Text Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, Struktur) Lengkap!

13 Jenis Text Bahasa Inggris (Pengertian, Tujuan, Struktur) Lengkap Full Penjelasan

Terdapat 13 jenis teks bahasa Inggris yang kita sering temui yaitu dimulai dari Narrative Text, Descriptive Text, Recount Text, Report Text, Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Procedure Text, Explanation Text, Discussion Text, News Item Text, Spoof Text Review Text, Anecdote Text. Semua jenis teks ini biasa dipakai untuk materi pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di semua tingkatan. Baik dari mulai Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Berikut ini 13 Jenis Teks dalam Bahasa Inggris Lengkap!


1.    NARRATIVE TEXT
a)    Pengertian
Narrative Text adalah salah satu jenis teks bahasa inggris yang bertujuan untuk menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung.Ciri naratif adalah adanya unsur konflik (masalah) dan resolusi (penyelesaian masalah).
b)    Tujuan
Untuk menghibur dan menarik minat pembaca dengan menyajikan cerita atau peristiwa yang memiliki masalah yang menimbulkan konflik dan pada akhir cerita ada resolusinya atau akhir yang bahagia atau bahkan menyedihkan.
c)    Struktur Teks
Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki struktur teksnya sendiri-sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga bagian yaitu :
1)    Orientation : Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.
2)    Complication : Pada bagian Complication berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.
3)    Resolution : Pada bagian Resolution berisi tentang bagaiman tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication. Biasanya terdapat lebih dari satu Resolution untuk satu Complication.
4)    Coda : adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.
d)    Ciri kebahasaan
Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut :
1)    Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
2)    Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
3)    Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
4)    Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
5)  Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.

2.    RECOUNT TEXT
a)    Pengertian
Recount Text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian yang telah terjadi berurutan dengan menggunakan keterangan waktu yang jelas pada masa lampau
b)    Tujuan
Melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur.
c)    Struktur Teks
1)    Orientation : Pendahuluan yaitu memberikan informasi orang atau benda yang melakukan atau yang terlibat di dalamnya, serta waktu, tempat, situasi, dan lain-lain;
2)   Event 1, Even 2… : Rangkaian peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan secara urut.
3)  Re-orientation : Kesimpulan dari rangkaian peristiwa yang terjadi. Reorientation tidak selalu ada pada teks recount.

3.    PROCEDURE TEXT
a)    Pengertian
Teks Procedure adalah teks yang menjelaskan dengan jelas cara membuat atau melakukan sesuatu.
b)    Tujuan
Tujuankomunikatifdari procedure text adalahbagaimana seorang penulis mampu memahamkan pembaca tentang cara melakukan, menyelesaikan atau mencapai sesuatu dengan cara yang runtut dan benar atau prosedural.
c)    Struktur Teks
1)    Goal : Pada bagian ini, penulis mencoba menjelaskan tentang apa yang akan dibuat atau dicapai melalui serangkaianl angkah yang akan dijelaskan pada paragraph berikutnya sehingga pembaca tidak salah paham tentang apa yang sedang dibicarakan.
2)  Material : Setelah pembaca mengetahui sesuatu apa yang akan dibuat atau dicapai, kemudian penulis memaparkan materi atau bahan-bahan yang  harus dipersiapkan atau dibutuhkan agar  sesuatu tersebut dapat dicapai dengan baik.  JadI pastikan semua bahan atau materi sudah lengkap sebelum mulai membuatnya.
3)   Steps : Jika bahan-bahan atau materi yang dibutuhkan sudah lengkap,  barulah penulis memberitahukan langkah-langkah yang  harus dilakukan secara runtut atau urut . Jadi pada bagian ini penulis harus menjelaskannya secara urut dan tidak boleh loncat-loncat.
4)   Conclusion : Kesimpulan yang berisi tentang hasil akhir dari apa yang telah dikerjakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan.

4.    REPORT TEXT
a)    Pengertian
Report text adalah sebuah teks yang menggambarkan tentang semua hal yang berkaitan dengan sebuah benda secara umum. Teks ini biasanya dirujuk dari sebuah hasil penelitian dan analisis yang sistematis.
b)    Tujuan
Menggambarkan tentang sesuatu secara apa adanya yang merupakan hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis.
c)    Struktur Teks
1)    General Classification : (klasifikasi umum), yaitu menggolongkan atau menentukan secara umum termasuk kepada golongan mana.
2)  Description : yaitu uraian deskripsi atau gambarannya bagia-bagian yang umum ada padanya, derajatnya, dam sifat-sifatnya. Biasanya berupa uraian umum.

5.    ANALYTICAL TEXT
a)     Pengertian
Analytical exposition di dalam bahasa inggris merupakan sebuah bentuk text yang di dalamnya memberikan sebuah penjelasan secara luas mengenai suatu hal atau masalah yang disusun dengan memberikan opini-opini yang mendukung.
b)     Tujuan
Tujuan sosial dari analytical exposition text adalah untuk mengajak, atau mempengaruhi orang yang membaca text tersebut agar dapat mempercayai suatu hal dari opini dan argument yang diberikan berdasarkan sudut pandang sang penulis.
c)     Struktur Teks
Secara umum, Struktur Teks dari analytical exposition text adalah:
1)    Thesis : Pada bagian ini, diisi dengan pandangan sederhana yang diberikan oleh penulis mengenai suatu masalah yang akan di bahas.
2)  Series of argument : Berisi argument atau pendapat penulis mengenai masalah yang sedang dibahas yang dibuat secara teliti agar pembaca dapat mempercayai argument tersebut.
3) Conclusion/reiteration :  Berisi kesimpulan atau mengungkapkan kembali secara sederhana mengenai apa yang telah dijelaskan dalam thesis serta series of argument.
d)     Ciri - Ciri
Analytical exposition text memiliki ciri kebahasaan seperti:
1)    Menggunakan pola kalimat simple present 
2)    Menggunakan relational process      
3)    Seringkali menggunakan internal conjunction (moreover, in addition, alternatively, etc.)    
4)    Seringkali menggunakan causal conjunction (because)

6.    HORTATORY TEXT
a)     Pengertian
   Disebutkan dalam Concise Oxford Dictionary, Hortatory termasuk kata sifat (adjective) bermakna "tending or aiming to exhort" (cenderung atau bertujuan mendorong/mendesak orang lain untuk melakukan sesuatu). Sedangkan Exposition  bermakna "a comprehensive description and explanation of a theory" (Penjelasan dan penjabaran sebuah teori secara komprehensif). Jadi secara bahasa, jika disimpulkan, hortatory exposition adalah teks yang menjelaskan sebuah teori/masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan / tidak melakukan sesuatu.
b)     Tujuan
Hortatory text bertujuan untuk memaparkan suatu fakta atau pendapat untuk memengaruhi para pembacanya melakukan atau tidak melakukan sesuatu seperti yang dianjurkan oleh penulis.
c)     Struktur Teks
1.  Thesis / General Statement : berisi pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan.
2.  Arguments : berisi berbagai pembahasan lanjutan dari thesis (statement secara detail). Akan lebih baik jika argument ini tidak hanya berisi pendapat pribadi penulis saja tapi juga bisa berisi pendapat para pakar.
3.  Recommendation : (suggestion) berisi saran penulis tentang topik pembahasan.

7.    EXPLANATION TEXT
a)    Pengertian
Explanation Text adalah sebuah teks yang berisi tentang proses -proses yang berhubungan dengan fenomena - fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya.
b)    Tujuan
Tujuan komunikatif dari explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi.
c)    Struktur Teks
1)  General statement : Berisi penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
2)    A Squenced of explanation : Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
3)   Closing : Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam Struktur Teks dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.
d)    Ciri - Ciri
1)    Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.
2)    Karena yang diangkat adalah fenomena maka fokus materinya bukan pada bendanya atau orangnya, melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi pada orang atau benda tersebut.
3)    Menggunakan Simple Present tense.

8.    DESCRIPTIVE TEXT
a)    Pengertian
Teks Descriptive adalah teks yang menggambarkan seseorang, benda atau tempat tertentu sehingga pembaca dapat membayangkan seolah-olah yang diceritakan itu benar-benar nyata.
b)    Tujuan
Memberikan informasi mengenai ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tertentu.
c)    Struktur Teks
1)  Identification : ciri-ciri seseorang, suatu benda atau tempat tertentu yang akan dideskripsikan.
2)    Description : menggambarkan ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tersebut, misalnya bentuk, ukuran, warna, asal, kegemaran dan ciri khusus lainnya.

9.    DISSCUSSION TEXT
a)    Pengertian
Discussion text adalah sebuah tulisan yang memaparkan perdebatan sebuah masalah yang didiskusikan dari sudut pandang yang berbeda. Tulisan atau teks discussion ini biasanya kita dapati di dalam tulisan filsafat, sejarah dan sosial.
b)    Tujuan
Tujuan komunikatif discussion text adalah untuk menyajikan sebuah isu atau informasi dengan memaparkan beberapa pendapat para pakar yang dibidangnya dan biasanya pendapat yang dipaparkan tersebut bertentangan (pro dan kontra).
c)  Struktur Teks
1)    Issue : Bagian pertama dari Struktur Teks discussion text adalah pemaparan tentang isu yang akan dibahas atau didiskusikan dalam tulisan tersebut.
2)    Argument For or Against : Setelah itu, penulis menjelaskan beberapa pandangan terhadap isu yang sedang dibahas atau didiskusikan dengan mengambil pendapat para ahli atau juga tanpa menyebutkan siapa yang berpendapat tetapi pendapat itu memang sudah umum diketahui. Penulis biasanya akan memaparkan pendapat yang pro (argument for) baru disusul dengan pendapat yang kontra (argument against) pada paragraf berikutnya.
3)   Elaboration : Sebelum mengambil sikap dengan menentukan pendapat mana yang lebih dipilih oleh penulis, atau bahkan memiliki pendapat sendiri, penulis harus terlebih dahulu memberikan elaborasi tentang beberapa pendapat yang telah dipaparkan.
4)  Conclusion atau Recommendation : Struktur Teks discussion text yang terakhir adalah kesimpulan atau rekomendasi penulis terhadap isu yang sedang didiskusikan dengan harapan pembaca dapat mengikuti dan setuju dengan pendapat penulis.
d)     Ciri - Ciri
1)    Fokus pada peserta manusia dan non-manusia generik.
2)    Menggunakan kata-kata yang membandingkan: kata sambung yang berlawanan misalnya, but, however, in other side dan konsekuensinya (sebab akibat) misalnya: so, then.
3)    Menggunakan bahasa diskusi: According, opinion.
4)    Menggunakan kata-kata berfikir seperti: feel, hope, believe.
5)    Menggunakan Simple Present.

10. NEWS ITEM TEXT
     a)    Pengertian
News item text adalah suatu teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak diberitakan atau penting. Newsworthy yang berati layak untuk diberitakan, jadi tidak semua kejadian/peristiwa bisa diberitakan. Hanya kejadian atau peristiwa penting saja yang layak diberitakan. Jika peristiwa/kejadian itu tidak penting maka tidak layak untuk diberitakan dan diketahui banyak orang.
     b)    Tujuan
Tujuan news items text adalah untuk menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak untuk diberitakan atau penting. Dan kejadian yang diberitakan biasanya adalah kejadian atau peristiwa terbaru.
     c)    Struktur Teks
1)  Main Event/Newsworthy Event : adalah berita utama, bagian yang menceritakan ringkasan dari suatu kejadian atau peristiwa penting yang terjadi.
2)  Background Event/Elaboration: menceritakan secara rinci latar belakang kejadian atau peristiwa yang terjadi, siapa yang terlibat, dimana dan bagaimana peristiwa terjadi.
3)    Source: bagian terakhir dari struktur news item text, merupakan sumber berita bisa berupa pernyataan narasumber, komentar saksi, pendapat para ahli, atau pernyataan dari pihak terkait dari suatu peristiwa.

11. REVIEW TEXT
a)    Pengertian
Review Text dapat diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk meninjau, mengkritik, atau mengulas suatu karya atau kejadian di masyarakat, seperti buku, film, acara tv, produk kecantikan, mobil, hand phone, laptop, rekaman, konser dan sebagainya.
b)    Tujuan
Sebagian tujuan besar dari review text adalah memberikan ulasan, tinjauan, bahkan kritik terhadap suatu karya seni, ilmiah, buku ataupun bentuk-bentuk lainnya agar diketahui oleh khalayak umum.
c)    Struktur Teks
1)     Introduction : Pada bagian ini (paragraf pertama), penulisan berisikan pengenalan terhadap pokok atau gambaran umum tentang sebuah karya/benda yang akan ditinjau. Gambaran umum tersebut dapat berupa nama, kegunaan, dan sebagainya.
2)     Evaluation: Bagian ini berisi gambaran detail dari sebuah karya, antara lain menceritakan kelebihan, keunikan, kualitas, serta hal- hal yang membuatnya menarik. Namun demikian, jangan terlalu banyak memberikan deskripsi mengenai karya atau benda tersebut karena seakan-akan mengajari calon pembeli karena hal itu tidak bagus. Jadi, evaluasi karya/benda sejauh yang dibutuhkan oleh pembeli adalah paling tepat. Bagian ini biasanya terdiri lebih dari satu evaluasi.
3)     Interpretation : Pada bagian interpretasi, penulis memberikan pendapat atau pandangannya terhadap sebuah karya. Tentu saja fase ini dilakukan setelah melakukan evaluasi yang cukup terhadap karya atau barang tersebut. Tidak jarang untuk mendukung, memperkuat, atau lebih meningkatkan kualitas/ hasil mengenai karya atau benda yang diulas, penulis dapat membandingkan dengan jenis lainnya. Pada fase ini. penulis juga menuliskan kelebihan dari karya atau benda tersebut. atau sebaliknya yang menjadikannya kurang bernilai.
4)   Summary: Pada bagian summary, penulis memberikan kesimpulan kepada pembaca terhadap karya atau benda yang telah diulas. Setelah memberikan penjelasan di evaluasi dan pan- dangan penulis sendiri di bagian interpretasi, di bagian ini penulis memberikan komentar mengenai karya atau benda yang diulas berharga atau tidak untuk calon pembeli.
d)   Kebahasaan
1)    Menggunakan Present Tense.
2)    Banyak menggunakan adjective (kata sifat) seperti bad, good, valuable, dan sebagainya.
3)    Sering menggunakan long clause (klausa panjang) dan kompleks.

12. ANECDOT TEXT
a)    Pengertian
Anecdot merupakan cerita rahasia pada jaman dahulu dan tidak untuk di publikasi pada khalayak ramai, namun kemudian cerita ini di plesetkan menjadi sebuah lelucon dalam bahasa inggris.
b)    Tujuan
Fungsi dari anecdote adalah untuk menceritakan kejadian masa lampau yang unik dan lucu dan bertujuan untuk menghibur para pembaca hingga mereka tertawa dan merasa terhibur.
           c)    Struktur Teks
1)  Abstract : Pada bagian ini penulis akan mengungkapkan sebuah cerita dengan cara menceritakan awal mula dari sebuah cerita, biasanya di mulai dengan pertanyaan yang berkaitan dengan verita tersebut.
2)     Orientation : Pada bagian ini penulis akan mulai memperkenalkan setting, tempat dan juga waktu kepada para pembaca.
3)   Crisis : Pada bagian ini penulis akan menuliskan keganjalan dan keunikan dari cerita tersebut.
4)  Reaction : pada bagian ini penulis akan mengakhiri cerita yang ganjil tersebut dan mengungkapkan keunikan dari cerita tersebut.
5)     Coda : merupakan sebuah kesimpulan yang bisa ditarik dari cerita anecdot tersebut.
          d)    Ciri - Ciri
1)    Anecdote selalu menggunakan past tense dalam setiap kalimat
2)    Selalu menggunakan kata sambung waktu seperti before dan after
3)    menggunakan rhetoric question atau sebuah pertanyaan, biasanya pada awal cerita
4)    Menggunakan kata-kata seru
5)    Menggunakan pendramatisiran cerita

13. SPOOF TEXT
a)    Pengertian
Spoof text adalah sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita yang terjadi pada masa lalu dengan akhir cerita yang lucu yang tidak dapat diprediksi atau diperkirakan.
b)  Tujuan
Tujuan spoof text adalah untuk menceritakan sebuah cerita fiktif dengan gaya humor.
           c)    Struktur Teks
1)    Orientation : berisi pengenalan tokoh, latar, setting dll.
2)    Events : berisi peristiwa atau kejadian.
3)    Twist : ending cerita (akhir cerita yang dianggap lucu, kadang tidak terduga, dan biasanya plintiran atau plesetan)
           d)    Ciri - Ciri
1)     Biasanya menceritakan kejadian yang dialami seseorang: I, we, she, he, they etc.
2)     Tenses yang digunakan adalah Past Tense.

3)     Untuk menceritakan detail cerita, biasanya terdapat dialog sehingga pasti ada tanda: “…text dialog…”

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon