Selasa, 24 Januari 2017

Makna dan Arti Lagu Gambang Suling (Jawa Tengah)

Makna dan Arti Lagu Gambang Suling (Jawa Tengah)

HuWagu | Makna dan Arti Lagu Gambang Suling (Jawa Tengah) - Gambang suling merupakan sebuah lagu yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Lagu dari jateng ini diciptakan oleh Ki Narto Sabdo. Sang Pencipta hanya membuat lagu ini menjadi lima baris saja. Begitu sederhana bukan? Lagu gambang suling mp3 ini sangat terkenal, bahkan hingga ke daerah luar Jawa Tengah. Selain sederhana, lagu ini juga dikenal sebagai lagu anak-anak. Maka tak heran kalau anak SD banyak yang hafal lagu ini.


Terdapat beberapa latar belakang diciptakannya lagu gambang suling. Ada yang berpendapat bahwa lagu ini diciptakan sebagai ekspresi kesedihan. Namun, yang paling relevan yakni; lagu gambang suling menceritakan tentang alat musik suling yang memiliki suara/instrumen yang sangat enak didengar. Seperti yang kita ketahui bahwa suling merupakan salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan ditiup. Namun, perlu diketahui juga bahwa suling bukan hanya berasal dari daerah Jawa Tengah saja. Di Jawa Barat pun juga terdapat suling sendiri. Pada umumnya, suling terbuat dari bambu. Namun, seiring perkembangan zaman suling dibuat dari bahan dasar plastik, perak dan lain-lain.

Lirik Lagu Gambang Suling + Terjemahan

Gambang suling ngumandang swarane
(Gambang suling berkumandang suaranya)
tulat-tulit kepenak unine
(Tulat-tulit enak bunyinya)
u.... unine mung.... ngrenyuh ake
(Bunyinya hanya mengharukan)
bareng lan kentrung ketipung suling
(Bersama kentrung, ketipung, suling)
sigrak kendangane
(Mantap bunyi kendangnya)

Makna Lagu Gambang Suling

Lagu ini memiliki makna sebagai ungkapan kekaguman terhadap instrumen dari alat musik suling yang memiliki suara yang sangat merdu. Suling tersebut dapat membentuk harmonisasi yang enak didengar saat dimainkan bersama dengan kentrung dan ketipung. Si Pencipta, Ki Narto Sabdo nampaknya sangat menyukai bunyi dari alat musik seruling ini. Terlihat dari baris ke 2, tulat-tulit kepenak unine. Baris tersebut memiliki arti bahwa suara suling yang seperti tulat tulit sangatenak untuk didengarkan. Suara seruling juga dapat mengharukan jika didengar dengan teliti. Seruling akan lebih matap lagi apabila dimainkan bersama kencrung dan ketipung. Makna lagu gambang suling dari Jawa Tengah lengkap.

Bila Anda sedang mencari not angka ataupun not balok dan chord gitar, anda dapat menemukannya di blog ini. Namun, apabila Anda ingin mendengarkan lagu mp3 maupun video gambang suling, Anda dapat mencarinya di Youtube.
Not Angka Lagu Gambang Suling Jawa Tengah
Not Angka

Not Balok Lagu Gambang Suling dari Jawa Tengah
Not Balok

Chord Gitar Lagu Gambang Suling Jawa Tengah
Chord Gitar

Sumber:
Noer Ardiansjah. Indahnya Musik Tradisional dalam Lagu Jawa Tengah Gambang Suling. http://merahputih.com/post/read/indahnya-musik-tradisional-dalam-lagu-jawa-tengah-gambang-suling (Diakses pada tanggal 24 Januari 2017)

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon