Minggu, 24 Januari 2016

Perang Dunia I: Latar Belakang, Kronologi dan Pengaruh

Perang Dunia I: Latar Belakang, Kronologi dan Pengaruh

Perang Dunia I adalah perang yang melibatkan banyak negara di dunia yakni banyak melibatkan negara-negara di Eropa. Peristiwa ini terjadi akibat serangkaian pertentangan antar negara di masa lalu. Persengketaan yang dimaksud adalah konflik antara Jerman dan Perancis, Jerman dengan Inggris, Jerman dan Rusia, serta Rusia dan Austria.

A. Latar Belakang 

Perang Dunia I di latar belakangi oleh 2 hal, yakni sebab umum dan sebab khusus. 
Sebab Umum
  1. Timbulnya pertentangan antar negara Eropa karena saling bersaing untuk mendapatkan tanah jajahan 
  2. Perlombaan senjata yang makin mempertajam pertentangan antar negara di Eropa
  3. Perebutan daerah Balkan
  4. Timbulnya dua persekutuan Triple alliance (1882) dan triple entente (1907)
Sebab Khusus
Franz Ferdinand von Habsburg (18 Desember 1863 - 28 Juni 1914) ialah archduke dari Austria-Hongaria dan pewaris Kekaisaran Austria-Hongaria. ia dibunuh pada 1914 di Sarajevo oleh Gavrilo Princip yang merupakan anggota Tangan Hitam, kelompok nasionalis Serbia . Yang kemudian meletuskan PD I. Orang Austria menyatakan perang terhadap Serbia akibat pembunuhan itu.

B. Kronologi Perang Dunia I

Pembunuhan putra mahkota Austria (Francis Ferdinand) menjadikan kemarahan Kaisar Austria Kari 1. Kemudian Austria menuntut Serbia agar menyerahkan pembunuh (G. Princip), tetapi tidak dihiraukan Serbia yang men-dapat dukungan Rusia sehingga Austria menyatakan perang terhadap Serbia (28 Juli 1914). Jerman mes nyatakan perang terhadap Rusia (1 Agustus 1914), kemudian Prancis terhadap Jerman (3 Agustusl 914), Ialu inggris terhadap Jerman (14 Agustus 1914), kemudian perang meluas ke dunia. Perang Dunia 1

Negara Negara yang Terlibat Perang Dunia 1
  1.  Blok Sentral: Jerman, Austro-Hungaria, Turki, Italia, dan Bulgaria. 
  2.  Blok Sekutu: Inggris, Prancis, Serbia, Rusia, Jepang, Amerika Serikat, dan lain-lain (23 negara) di pihak menang. 
Pada awalnya pihak yang memperoleh kemenangan adalah pihak Blok Sentral. Namun, setelah Amerika Serikat ikut terjun ke medan peperangan, keadaan menjadi berbalik (pihak Sekutu menjadi menang). Setelah pihak Blok Sentral mengalami kekalahan, maka diadakan perjanjian yang isinya memberatkan pihak Blok Sentral antara lain sebagai berikut.
  1. Perjanjian Versailles antara Sekutu dan Jerman (28 Juni 1918).
  2. Perjanjian St. Germani antara Sekutu dan Austria (10 November 1919).
  3. Perjanjian Neulily antara Sekutu dan Bulgaria (27 November 1919).
  4. Perjanjian Trianon antara Sekutu dan Hungaria (4 Juni 1920).
  5. Perjanjian Sevres antara Sekutu dan Turki (20 Agustus 1920).

C. Pengaruh/Dampak Perang Dunia I 

Perang merupakan pengerahan total segala kekuatan yang ada dan dimiliki oleh negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I telah membawa akibat yang sangat luas dalam berbagi kehidupan, baik dalam bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya.

Bidang Politik
1. Timbulnya perubahan kekuasaan wilayah
Di bidang politik, pengaruh Perang Dunia I sangat terasa. Wilayah kekuasaan negara-negara yang berperang mengalami perubahan. Jerman, Austria, dan Turki menjadi republik dan wilayahnya menjadi sempit, selain itu muncul negara-negara baru seperti Polandia, Finlandia, Cekoslowakia, Hongaria, Mesir, Irak, Saudi Arabia, Syiria, Lebanon dan Austria.

2. Timbul paham-paham politik
Paham-paham baru sebagai reaksi terhadap paham demokrasi liberal yang tidak berhasil menghadapi kekacauan di beberapa negara Eropa bermunculan. Di itali lahir paham fasisme yang diperkenalkan oleh Benito Mussolini, Nazi di Jerman, Nasionalisme di di Turki dan Diktatorisme Proktariat di Rusia. 

Bidang Ekonomi
Sistem ekonomi liberal yang dipandang menyulitkan diganti dengan sistem ekonomi terpimpin yang banyak melibatkan kekuasaan negara. Hal ini terjadi bukan hanya di negara-negara totaliter, akan tetapi juga di negara-negara liberal seperti Amerika Serikat di bawah Presiden Roosevelt.

Bidang Sosial 
Industri peralatan perang semakin maju dengan pesat sehingga kaum buruh meningkat dan menduduki posisi yang semakin kuat. Undang-undang sosial pun dikeluarkan di beberapa negara. Sementara itu, gerakan emansipasi wanita mendapat sambutan yang menggembirakan kerena dalam peperangan yang menjadi tenaga palang merah.

Bidang Kemanusiaan
Keadaan perekonomian masing-masing negara yang terlibat dalam kancah peperangan menjadi hancur.Hal tersebut membawa dampak kepada umat manusia. yaitu kemiskinan dan kemelaratan semakin mencekam, wabah penyakit merajela, penduduk yang negaranya sedang berperang banyak kehilangan tempat tinggal, banyak manusia yang tak berdosa harus kehilangan nyawa dan cacat mental maupun cacat tubuh, dan banyak lagi akibat yang dapat ditimbulkan dengan meletusnya PD I.

D. Pengaruh Perang Dunia I Terhadap Pergerakan Nasional Indonesia 

Perang Dunia I mempengaruhi Indonesia di bidang politik yakni membuat Indonesia semakin kuat ingin merdeka karena adanya Doktrin Wilson. Selain itu Perang Dunia I juga membawa dampak pada ideologi di Indonesia. Yakni munculnya paham-paham baru seperti paham komunisme (karena Rusia menjadi pemenang dalam PD I)

E. Pengaruh Perang Dunia I Terhadap Dunia Internasional

Perang Dunia I berpengaruh pada munculnya lembaga perdamaian seperti Liga Bangsa-Bangsa (LBB), dan organisasi-organisasi internasional lainnya.

Url : http://www.huwagu.com/2016/01/perang-dunia-1-latar-belakang-kronologi-pengaruh.html

Berkomentarlah dengan bijak :)
[-] Jangan melakukan spamming
[-] Tidak menerima URL
EmoticonEmoticon